PN Manado Sosialisasikan Tatib Saat Silaturahmi Bersama Para Advokat

62

MANADO, ManguniPost.com – Penampilan para advokat saat bersidang di Pengadilan Negeri (PN) Manado ke depan bakal tampil beda.

Pasalnya, Sabtu (22/05) di Daun Kuring, Mezzo Resto dan Caffe, Ketua PN Manado, Djamaludin Ismail didampingi Ketua PTUN Manado, Adhi Budhi Sulistyo, pimpinan Pengadilan Agama Manado, serta Humas PN Manado, Relly Behuku telah menggelar pertemuan bersama sejumlah organisasi Advokat.

Dalam silaturahmi tersebut, turut disosialisasikan dan dibahas mengenai tata tertib (Tatib) persidangan perkara perdata dan persidangan virtual.

Dimana, Ketua PN Manado menekankan bahwa sidang ke depan, para advokat atau pengacara diharapkan untuk berpakaian rapih dan mengenakan ID card. “Perlihatkan ke masyarakat wibawa persidangan,” tegas Djamaludin.

Selain itu, dirinya juga menambahkan agar para advokat datang tepat waktu saat menghadiri persidangan.

Usai memaparkan point-point penting terkait Tatib sidang perdata, Ketua PN Manado kemudian memberikan kesempatan kepada para Advokat untuk mengajukan pendapat dan pertanyaan.

Di sesi ini, ada beberapa masukan penting yang ikut menjadi aspirasi para pengacara. Di antaranya, soalnya administrasi terkait putusan, perlu dibicarakan pula Tatib soal sidang perkara pidana, hal penundaan sidang, serta kesempatan yang adil bagi para pihak saat bersidang.

Usai pertemuan, Humas PN Manado saat ditemui awak media, menerangkan kalau pertemuan ini sengaja digelar. Selain untuk sosialisasikan Tatib persidangan perdata, sekaligus mendengarkan aspirasi dari para Advokat untuk PN Manado yang lebih baik lagi.

“Pertemuan bersama para Advokat ini, secara garis besar membahas mengenai Tatib persidangan khusus perdata. Dan dalam kesempatan ini, PN Manado juga telah mendengar sejumlah masukan, dan siap disikapi untuk kemajuan bersama,” tanggap Behuku.

Patut diketahui, dalam pertemuan ini telah hadir badan pengurus PERADI, KAI, PERADIN, FERARI, dan AAI. (*)