PN Manado Tak Gentar Hadapi Covid-19, Sidang Digelar Versi Teleconfrence

98

MANADO, ManguniPost.com – Proses peradilan di Pengadilan Negeri (PN) Manado di tengah situasi virus Covid-19, Senin (30/03) ini tetap dilaksanakan dengan sistem berbeda.

Dimana, sidang digelar dalam bentuk teleconference, tanpa menghadirkan pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa, dan penasehat hukum.

Saat dihubungi awak media, Ketua PN Manado, Lukman Bachmid melalui Juru Bicara Hakimnya, Imanuel Barru pun membenarkan adanya sidang via teleconference tersebut.

“Benar sekali, sesuai petunjuk Mahkamah Agung RI melalui Dirjen Badilum nomor 379/DJU/PS.00/3/2020, di tengah situasi saat ini, seluruh pengadilan di Indonesia termasuk PN Manado dimintakan untuk menggelar sidang jarak jauh atau dengan bahasa lainnya teleconference,” tutur Barru.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa sidang via teleconference ini diterapkan pimpinan MA RI sebagai bentuk inovasi terhadap fenomena virus Covid-19.

“Dalam sidang teleconference ini, pihak PN Manado bekerja sama dengan pihak Kejaksaan dan Lapas. Jadi mereka tak perlu hadir ke pengadilan untuk bersidang, cukup via teleconference,” jelas Barru.

Selanjutnya, dirinya mengemukakan bahwa metode sidang teleconference ini digelar dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur