Presiden Jokowi Bahas Berbagai Pembangunan di Minahasa Bersama Bupati Roring

270

Tondano, MP

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) didampingi Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring – Lumanauw menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo dan sejumlah Menteri di Hotel Mercure, Tateli, Kecamatan Mandolang, Kamis 4 Juli 2019.

Dalam penyambutan tersebut, Bupati turut didampingi Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi dan Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH. Sementara rombongan Presiden di antaranya Menteri PUPR DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc, Menteri ATR/BPN Sofyan Abdul Djalil, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pramono Anung dan Juru Bicara Presiden Johan Budi.

Tampak ikut mendampingi Presiden Jokowi yakni Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama istri, Wakil Gubernur Steven Kandouw SE bersama istri, dan jajaran Forkopimda Sulut.

Kedatangan Orang Nomor 1 di Tanah Air itu disambut dengan apresiasi dan rasa bangga oleh Bupati ROR. Apalagi Presiden dalam berbagai agenda pemerintahannya di Sulut ikut menyambangi Tanah Minahasa, tepatnya di Hotel Mercure, Tateli, Kecamatan Mandolang. Hotel kebanggaan orang Minahasa ini dipilih jadi tempat beristirahat Presiden bersama rombongan.

“Kami berharap, manfaat kunjungan kerja Presiden ini akan ikut memberi dampak dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Minahasa dan ini adalah bukti nyata perhatian besar Pak Presiden bagi masyarakat Sulawesi Utara, termasuk di Minahasa,” ungkap Bupati.

Untuk itu, segenap masyarakat diajak untuk mendukung kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin lima tahun ke depan.

Pada kesempatan itu, Bupati ROR ikut menyempatkan untuk berdiskusi dengan Menteri PUPR DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc bersama beberapa Dirjen, didampingi Kadis PU Minahasa Nofry Lontaan serta Kadis Lingkungan Hidup Wenny Talumewo.

Beberapa hal yang dibahas di antaranya rencana pembangunan TPA di Langowan dan Tombariri, penyediaan sarana dan prasarana air bersih dari air dari Danau Tondano, program pelebaran jalan lingkar Danau Tondano yang masuk kawasan jalan strategis nasional serta pembangunan tanggul pengaman yang mengelilingi lingkar danau.

Hari kedua kunjungan kerja di Sulut, Jumat 5 Juli 2019, Presiden Jokowi memilih untuk mengunjungi tempat wisata Bunaken. Sebelum bertolak ke Bunaken, dari pantauan media ini, Bupati ROR sarapan pagi bersama sejumlah menteri dalam suasana penuh keakraban, bersama Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan dan Kartika Devi Tanos, Ketua TP PKK Minahasa Fenny Roring Lumanauw.

Presiden Jokowi berangkat menuju Bunaken dari hotel tempatnya menginap, di Mercure Hotel Tateli Minahasa pukul 07.00 Wita. Sebelum bertolak ke Bunaken, Jokowi menyempatkan waktu untuk berfoto bersama dengan karyawan hotel dan sejumlah tamu yang sudah menunggunya di halaman hotel dimana Jokowi akan melewatinya. Peninjauan ini dalam rangka peningkatan fasilitas kepariwisataan, khusunya kawasan Bunaken.

Selanjutnya Presiden Jokowi bertolak dari hotel menuju Bunaken dengan menaiki kapal cepat dan ditemani oleh Bupati Minahasa ROR bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw dan sejumlah menteri.

Tampak dari jauh perjalanan Presiden Jokowi dan rombongan di kawal oleh pasukan TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut dengan dilengkapi peralatan tempur di dalam speed boad.

Usai dari Bunaken, Presiden Jokowi mengunjungi Pelabuhan Manado yang disambut antusias warga.

Selanjutnya Bupati Minahasa mengikuti rapat bersama dengan Presiden Jokowi sebelum bertolak ke Jakarta di VIP Pemprov Sulut Bandara Sam Ratulangi Manado.

Presiden Jokowi memimpin rapat bersama beberapa menteri dengan Kepala Daerah se-Sulut, yang membahas mengenai pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara dan juga di Kabupaten Minahasa di bawah kepemimpinan ROR-RD.

Beberapa hal yang dibahas Bupati Minahasa bersama Presiden Jokowi merupakan lanjutan pembahasan dari rapat sebelumnya yang diadakan di Hotel Mercure bersama dengan sejumlah menteri, di antaranya revitalisasi Danau Tondano, rencana membangun TPA di Langowan dan Tombariri, serta sarana dan prasarana air bersih yang diusahakan dari air danau masuk ke Kota Tondano, pelebaran jalan lingkar Danau Tondano karena Danau Tondano merupakan jalan strategis nasional, serta pembangunan tanggul pengaman keliling danau.

Usai rapat tersebut, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara langsung bertolak ke Jakarta bersama sejumlah menteri dan rombongan, pukul 16.30 Wita. (adv)