Presiden Jokowi Perintahkan Kemenkes Antisipasi Masuknya Virus Corona

114
Presiden Joko Widodo berpidato saat Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Sensus penduduk 2020 mengangkat tema menuju satu data kependudukan untuk Indonesia maju. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.(Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk mewaspadai potensi masuknya virus Corona. “Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detail. Diawasi,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/1/2020). Jokowi menyebut saat ini bandara internasional sudah siap siaga. Siapapun yang datang ke Indonesia dan dicurigai terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, China itu, akan diperiksa terlebih dulu. “Siapapun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit,” kata dia.

Menurut Jokowi, sampai saat ini ia belum menerima laporan ada masyarakat di Indonesia yang terjangkit virus mematikan tersebut. Ia berharap kedepannya virus itu tak akan memasuki Indonesia. “Sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit corona,” kata Presiden. Setidaknya tiga negara di Asia Tenggara telah mengumumkan kasus positif wabah virus corona yang pertama kali merebak di China, yakni Vietnam, Singapura dan Thailand. Kementerian Kesehatan memperketat pintu masuk negara guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang masuk dari luar negeri. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, selain menyiagakan thermo scanner (alat pengukur suhu tubuh) di 135 pintu masuk negara, baik darat, laut, maupun udara, ada langkah lain yang juga telah dilakukan pihaknya. “Antisipasi kita lakukan terus menerus, mulai dari pintu bandara, edukasi kepada masyarakat,” kata Terawan seperti dilansir dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Jumat (24/1/2020). Antisipasi itu meluputi pemberian health alert card, edukasi dan informasi kepada masyarakat, hingga menyiapkan 100 rumah sakit rujukan infeksi emerging. Selain itu, Kemenkes bekerja sama lintas-sektor serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak kesehatan akibat virus tersebut.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Presiden Jokowi Perintahkan Kemenkes Antisipasi Masuknya Virus Corona”, https://nasional.kompas.com/read/2020/01/24/16232961/presiden-jokowi-perintahkan-kemenkes-antisipasi-masuknya-virus-corona
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Krisiandi