Prinsip Memimpin OD-SK, Tantangan dan Hambatan Jadi Pembelajaran

282

Manado, Mangunipost.com – Memimpin Sulawesi Utara (Sulut) untuk kesejahteraan rakyat, memang bukan hal mudah. Namun, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (OD) bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK), telah melewati masa itu selama 3 tahun.

Dan, Selasa (12/02) kemarin, di sela kegiatan syukuran 3 tahun kepemimpinan OD-SK, Gubernur telah menegaskan bahwa apa yang telah dicapai selama ini tak membuat kendor kepemimpinannya untuk terus berbuat demi rakyat.

“Melalui visi dan misi ini, kita mampu mendorong pembangunan Sulut di berbagai sektor. Setiap tantangan dan hambatan harus senantiasa menjadi pembelajaran demi perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Gubernur Sulut.

Selebihnya, dirinya mengemukakan tujuh point visi dan misi OD-SK yang diterapkan 3 tahun ini. “Yang menjadi visi kami adalah terwujudnya Sulawesi Utara berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam berbudaya,” ujar Olly.

Seraya merinci tujuh misi yang menopang visi tersebut. Pertama, mewujudkan kemandirian ekonomi, memperkuat pertanian dan sumber daya kemaritiman, serta mendorong sektor industri dan jasa. Kedua, memantapkan SDM dan berdaya saing. Ketiga, mewujudkan Sulut sebagai destinasi investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan. Keempat, mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri. Kelima, memantapkan pembangunan infrastruktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan. Keenam, mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur. Dan Ketujuh adalah mewujudkan Sulut yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik. (*)

Penulis : Rizali Posumah

Editor : Jack Wullur