Rakor Evaluasi Ditutup, Sejumlah KPU Kabupaten dan Kota Terima Penghargaan

321

Manado, MP
Rakor Evaluasi Tahapan Pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Grand Kawanua Convention Center Kairagi-Manado, ditutup Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Selasa (27/8) malam.

Dalam kesempatan tersebut,  dibacakan sejumlah hasil evaluasi untuk perbaikan ke depan. Juga diserahkan penghargaan kepada lima Divisi KPU Kabupaten dan Kota. 

Penghargaan Divisi Terbaik diberikan kepada Divisi Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Kepulauan Talaud, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bolsel, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Minsel, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Sangihe, Divisi Sosialisasi, Partisipasi dan SDM  KPU Kabupaten Bolmong.

Selain itu, diberikan juga penghargaan khusus Pelaporan Keuangan terbaik kepada KPU Kabupaten Talaud, KPU Kabupaten Minut dan KPU Kabupaten Bolsel.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut, Meidy Tinangon menjelaskan, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi sekaligus untuk memotovasi.

“Jadi, ada parameter penilaian terhadap kinerja dari tim penilai,” jelasnya.

Terkait Rakor ini, sebelumnya Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menjelaskan, tahapan Pemilu 2019 sudah dimulai sejak 2017, dan semua tahapan telah dilaksanakan sesuai ketentuan oleh semua jajaran penyelenggara.

“Saat ini kita telah menetapkan calon terpilih dan telah mengajukan usulan pelantikan. Jika ada persoalan pasca penetapan calon terpilih dan pengusulan pelantikan maka itu bukan wilayah KPU lagi,” ungkap Mewoh.

Ia pun mengapresiasi kinerja seluruh divisi dengan capaian maksimal.  Di antaranya Mewoh mengapresiasi data pemilih tak ada masalah di rekapitulasi  nasional. Pencalonan dan pemungutan suara terlaksana sesuai tahapan.  Partisipasi pemilih se-Sulut juga melampaui target 77.5 % dimana mencapai 83, 4% untuk Pileg dan 84% untuk Pilpres. Logistik di seluruh TPS terlayani dan sengketa hukum hingga sengketa hasil di MK mampu dituntaskan jajaran KPU.

Mewoh juga mengapresiasi support Pemerintah Provinsi, Forkompimda dan stakeholder di Sulut. (Kelly Korengkeng/Advertorial)