Ranperda APBD Tomohon 2019 Disampaikan ke DPRD

206
Saat penyerahan dokumen Ranperda. (ist)

Tomohon, MP
Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon Tahun Anggaran 2019 disodorkan ke rapat paripurna. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sejuk, Kamis (20/9).

Walikota Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekrearis Daerah, Ir Harold V Lolowang MSc menyerahkan dokumen Ranperda kepada Ketua DPRD, Ir Miky JL Wenur MAP. Sebelumnya, Lolowang mengungkapkan, RKP 2019 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif dan spasial. Kalau kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follows program. Pun tema RKP Tahun 2019 adalah Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Berkualitas.

“Sistematika penyusunan anggaran memedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang penyusunan APBD Tahun Aggaran 2019. Ini disaklakkan dengan penerapan basis akrual sesuai pedoman teknis Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010,” ungkap Lolowang.

APBD 2019 kata dia, disusun dengan pendekatan kinerja yang berpedoman pada prinsip efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab. Tentu tetap memperhatikan azas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat serta quality assurance semakin diperkuat dengan amanat Permendagri Nomor 38 Tahun 2018.

“Besar harapan kami, Ranperda APBD 2019 ini dapat menciptakan perubahan penting bagi Kota Tomohon. Selaku Pemerintah Kota, kami juga berharap kepada pimpinan dan segenap anggota dewan agar selanjutnya dapat melakukan pembahasan Ranperda ini sesuai dengan tahapan. Bahkan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Lolowang.

Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD, Miky Wenur didampingi Wakil Ketua Youdy Y Moningka SIP dan Caroll Senduk SH. (timmp/01)