RAPBD 2018 Ditetapkan Jadi Perda, Pemkab Minahasa Apresiasi DPRD

190

Tondano, MP

Pemerintah Kabupaten Minahasa bersyukur dan bangga, pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018 telah diterima. Hal tersebut diungkapkan Bupati Minahasa yang diwakili Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, dalam Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018 menjadi Peraturan Daerah, Jumat (21/6) di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

“Menjadi kebanggaan kita bersama, bahwa seluruh pembahasan dan pengkajian materi laporan keuangan daerah tahun anggaran 2018, yang tahapan prosesnya mulai dari penyampaian, pemandangan umum fraksi, dilanjutkan dengan rapat komisi, peninjauan lapangan serta pemandangan akhir fraksi bermuara pada rancangan peraturan daerah, telah berjalan sesuai harapan dalam koridor aturan yang berlaku,” ucap Wabup Dondokambey.

Menurutnya, proses ini harus diwujudnyatakan sebagai bagian dari akuntabilitas publik atas kepercayaan dan amanat yang diembankan kepada Pemkab dan DPRD Minahasa.

“Pada sisi lain, bahwa berbagai masalah dan hal-hal strategis yang terangkat, secara bersama-sama telah dicermati dan diklarifikasi secara proporsional demi untuk kepentingan membangunan tanah Minahasa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Minahasa,” sambung Dondokambey.

Sehubungan dengan hal tersebut, Wabup berucap, patutlah pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada anggota dewan yang terhormat, kerena telah menunjukan pengabdian dan dedikasi tinggi, serta memberikan saran bahkan kritikan konstruktif, yang dipandang sebagai masukan berharga untuk ditindak lanjuti.

“Hal ini terbukti, bahwa dalam proses pembahasan rancangan peraturan daerah ini, banyak hal yang secara tegas dan profesional diangkat dan dikaji oleh anggota dewan yang terhormat,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, kepada segenap jajaran eksekutif di Kabupaten Minahasa, Wabup Dondokambey meminta saat ini dan ke depan dapat bekerja tetap dengan ketulusan dan kejujuran, serta hati nurani yang bersih untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat Minahasa.

“Apalagi di era persaingan dewasa ini, kerja keras dan semangat kita sekalian menjadi tuntutan dan kebutuhan, sehingga saya merasa perlu menegaskan pentingnya optimalisasi kinerja kita semua, demi terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi, budaya, berdaulad, adil dan sejahtera,” pintanya.

Untuk lebih memaksimalkan kinerja pemerintah daerah, menurut Dondokambey sinergitas antara pemerintah daerah dan lembaga perwakilan rakyat yang terhormat harus dipertahankan bahkan tingkatkan dengan berorientasi untuk mewujudkan Minahasa yang semakin hebat ke depanya.

“Karena bentangan tugas dan pekerjaan ke depan masih sarat dengan dinamika dan memerlukan kerja keras kita semua,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat paripurna ini, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Jeffry R Korengkeng SH MSi, Ketua, Wakil Ketua dan segenap anggota DPRD Kabupaten Minahasa Forkopimda dan jajaran Pemkab Minahasa. (adv)