Rayakan HUT ke-10, SMA N 3 Tondano Gelar Berbagai Kegiatan

505

Tondano, Mangunipost.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Tondano, gelar jalan sehat dan senam sumba bersama. Diikuti oleh seluruh siswa dan para guru, pada Jumat (01/03).
Kegiatan ini dimulai sejak pagi. Merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 SMA N 3 Tondano.

Acara di awali dengan jalan sehat. Dilepas Hukum Tua Desa Kembuan, Olke Walalangi. Titik awal jalan sehat dari Halaman SMA Negeri 3 Tondano. Rutenya, mengitari sebagian kota Tondano.  Finish di titik awal start.

Usai jalan sehat, dilanjutkan dengan senam sumba di halaman sekolah. Diikuti seluruh warga sekolah.

Menurut Kepala SMA Negeri 3 Tondano, Drs. Deny J. M. Pakasi kegiatan jalan sehat ini merupakan bentuk kebersamaan seluruh warga sekolah.

Pakasi mengungkapkan bahwa perayaan HUT kali ini mengusung  konsep terkait budaya Minahasa. Tema yang diangkat yakni “Memupuk Pelestarian Nilai Budaya Minahasa di Era Milenial”. Tema ini hendak mengajak warga sekolah, khususnya para siswa, untuk peduli budayanya .

Dalam rangka HUT, sekolah juga akan mengadakan lomba putar dodoutu. Menurut Pakasi, filosofi dari kegiatan ini adalah nilai kesabaran, kekuatan, persatuan dan gotong royong. Sebab nilai ini sudah ada sejak zaman dulu.

“Sekolah memiliki tugas untuk melestarikan budaya. Mengingatkan kepada kaum milenial agar menghargai budaya dan jangan sampai budaya Minahasa ini hilang ditelan zaman,” ungkap Pakasi.

Pakasi juga mengapresiasi panitia yang sudah menyelenggarakan acara ini.
“Terima kasih kepada panitia yang sudah merancang kegiatan ini sedemikian rupa hingga perayaan puncak nanti. Lewat kegiatan ini kita satukan barisan dan mensukseskan semua program sekolah,” tutur Pakasi saat membuka kegiatan.

Di puncak acara HUT akan ada pemecahan rekor ‘Lomba Putar Dodutu’ bekerjasama dengan Museum Rekor Indonesia (Muri). Hal ini dituturkan Ketua Panitia HUT, Jonly F Sumalu, SPd, MAP,.
“Pada perayaan puncak, Rabu 6 Maret nanti, akan ada pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lomba Putar Dodutu yang akan melibatkan 1.010 siswa SMA Negeri 3 Tondano.

“Nantinya para peserta akan mengenakan pakaian Petani tradisional Minahasa. Semua guru juga akan mengenakan pakaian adat di acara puncak nanti,” ucap Sumalu.
Penulis: Eka Egeten
Editor: Kalfein Wuisan