Realisasi PBB-P2 Kota Tomohon 2018 Dievaluasi

236
Walikota Jimmy Eman saat menyampaikan sambutan. (ist)

Tomohon, MP
Pencapaian realisasi Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) di Kota Tomohon perlu dievaluasi. Sebab, hingga akhir Agustus 2018, realisasinya baru mencapai sekitar 29 persen dari target.

Hal ini diungkapkan Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak ketika membuka kegiatan rekonsiliasi PBB-P2 Kota Tomohon 2018 yang digelar di Kelurahan Pinaras, Jumat (30/8/18).

Kata Eman, setiap daerah diberikan kewenangan untuk memungut pajak (taxing power). Salah satunya PBB-P2. Itu sesuai amanat Undang-undang No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“PPB-P2 ini sebelumnya merupakan pajak pusat. Sejak Tahun 2014 telah dialihkan menjadi pajak daerah kabupaten/kota,” ujar Eman.

Terkait realisasi yang baru mencapai zona kuning, selaku Pemerintah Kota Tomohon, Eman mengajak semua masyarakat sadar bayar pajak. Tentu, hal ini akan menjadi tugas setiap Lurah melalui perangkatnya untuk melakukan penagihan.

“Sebagai warga yang baik, marilah kita semua menunaikan kewajiban membayar pajak. Kami berharap, di waktu yang tersisa ini, pencapaian akan lebihaksimal,” ajak Eman sembari berekspektasi.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi melaporkan, kegiatan ini bertujuan mengevaluasi realisasi PBB-P2 di setiap kelurahan. Selain itu, juga untuk menghimpun informasi dan kendala-kendala yang dihadapi kelurahan. Jadi apakah itu berupa keluhan masyarakat atau pun masukan.

Di kesempatan itu, Walikota Jimmy Eman menyerahkan bantuan komputer untuk kelurahan se-Kota Tomohon, masing-masing 1 unit. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Ir Harold V Lolowang MSi, jajaran Pemkot Tomihon serta Lurah se-Kota Tomohon. (timmp/01)