Reward Supir Teladan Cegah Ugal-Ugalan

207

Tondano, MP

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa memberikan penghargaan kepada para supir teladan. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring karena dianggap memiliki banyak manfaat dan dampak positif.

Terkait kegiatan ini, Kepala Dishub Minahasa Hengky Kaunang menjelaskan, transportasi mempunyai peranan sangat penting dan strategis, untuk itu para awak kendaraan umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guna meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat, memperoleh pengakuan profesi dan perannya di bidang transportasi dari seluruh elemen masyarakat.

“Serta mendorong operator angkutan umum agar senantiasa mempersiapkan awak kendaraan umum yang berkualitas, berdisiplin, bertanggung jawab dan memiliki wawasan yang luas, serta menumbuh kembangkan citra yang baik bagi awak kendaraan umum akan etika profesinya,” sebut Kaunang.

Lanjutnya, dengan program penilaian yang dilakukan tahunan ini diharapkan tidak ada lagi sopir yang ugal-ugalan dalam mengemudi.

“Tujuannya adalah untuk mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang baik dengan mempersiapkan awak kendaraan umum yang bermutu, disiplin, dan bertanggung jawab, mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi angkutan umum, serta untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap kinerja awak kendaraan umum melalui pemilihan seperti ini,” jelasnya.

Diketahui dalam kegiatan yang digelar di kantor Dishub Kabupaten Minahasa, di Kecamatan Eris ini, penilaian diberikan instuktur/pembina yang berasal dari unsur kepolisian, Jasa Raharja dan Organda. Dari penilaian, 5 pengendara keluar sebagai yang terbaik yaitu, Steven Makaenas dengan poin 1095, Renato Lumenta 930, Heinces Walangitan 875, Sonny Wuisang 865, dan Percy Sambuaga 825. (Kelly Korengkeng)