ROR Paparkan Karakteristik Danau Tondano di Rakor Provinsi KTI

299
Salah satu sudut Danau Tondano. (ist)

Tondano, MP
Danau Tondano merupakan salah satu dari 15 program prioritas rencana pengembangan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Karakteristik danau tersebut pun dipresentasikan Bupati Minahasa, Ir Royke O Roring MSi (ROR) pada rapat koordinasi (Rakor) Penentuan Sektor Strategis Provinsi KTI terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 – 2024.

Pemaparan itu diperagakan orang nomor 1 di Tanah Toar Lumimuut ini ketika ia berkonsulatsi dengan Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bidang Hubungan antar Lembaga Pusat dan Daerah, Prof Dr Winarni Monoarfa MS bersama Kepala Sub Direktorat Pengendalian Kerusakan Danau Kementerian LHK, Ir Inge Retnowati ME, Jumat (5/9).

Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini mempresentasikan juga soal berbagai potensi pariwisata di Danau Tondano. Antara lain parawisata, perikanan, dan peningkatan status Danau Tondano.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat. Dimana, telah diputuskan dan ditetapkan, Danau Tondano menjadi salah satu dari 15 Danau Prioritas di Indonesia,” ungkap ROR.

Dirinya berharap, pertemuan ini dapat menghasilkan rekomendasi. Itu mengenai upaya peningkatan lalan lingkar Danau Tondano, pengadaan alat pengangkatan eceng gondok berbentuk kapal atau eksavator. Juga pendampingan terhadap kelompok masyarakat dalam memanfaatkan eceng gondok sampai pemasaran.

“Temasuk pengembangan pariwisata danau, rehabilitasi hutan dan lahan di Danau Tondano, daya dukung, daya tampung. Bahkan sertifikasi atas danau kebanggaan masyarakat Minahasa ini,” paparnya.

Di kesempatan itu, ROR hadir bersama Kepala-kepala Badan Pengembangan dan Pembangunan Daerah Provinsi di KTI. (kelly)