ROR-RD Sah Pemenang Pilkada Minahasa 2018

360
Ketua KPU Minahasa menyerahan SK penetapan Bupati dan Wakil Bupati kepada ROR-RD

Minahasa, MP

Pasangan Calon (Paslon) Roy O. Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD) ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa tahun 2018. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Rabu (25/07).

Dimana penetapan itu disahkan dalam Surat Keputusan KPU Minahasa nomor 278/PL.03.7-kpt/7102/KPU-Kab/VII/2018 tertanggal 25 Juli 2018 tentang Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Minahasa tahun 2018. Hal itu pun berdasarkan pula dengan hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara dalam Pilkada Minahasa yang dilaksanakan 4 Juli 2018 lalu.

Dalam rekapitulasi tersebut pasangan ROR-RD memperoleh suara terbanyak yakni 132.152 atau 64,41 persen dari total suara sah.

Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Lord Malonda mengatakan bahwa penetapan itu telah dilakukan secara sah karena belum melewati batas waktu sesuai aturan yakni 26 Juli 2018. Nantinya hasil penetapan tersebut akan diserahkan ke DPRD Kabupaten Minahasa guna kepentingan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Besok kami akan menyerahkannya ke DPRD Minahasa,” jelas Malonda.

Pada kesempatan itu Malonda bersama komisioner KPU Minahasa, Rendy Suawa serta Lidya Malonda menyerahkan berita acara kepada ROR-RD, Ivan Sarundajang (IvanSa), KPU Sulut, Panwaslu dan partai politik pengusung kedua Paslon.

RD ketika didaulat membawakan sambutan menyampaikan terima kasih atas kehadiran IvanSa dalam pleno tersebut. Karena menurutnya jika dulu mereka bersahabat namun terpisah karena Pilkada dan sekarang bersama lagi untuk Minahasa.
“Mari bersatu untuk masyarakat yang tadinya berbeda,” ajak RD.

Sementara ROR menyampaikan terima kasih kepada keluarga yang terus mendukung, mensuport dan berikan topangan doa selama menjalani Pilkada. Terima kasih pula kedasa seluruh partai pengusung dan pendukung dirinya bersama RD.

“Salut kepada bapak Ivan yang sudah hadir serta menjalani semua proses dengan saling pengertian. Mari bersama membangun Minahasa semakin sejaterah dan hebat,” tukas ROR.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada rakyat yang telah memberikan kepercayaan bagi dirinya dan RD menjadi Bupati dan Wabup Minahasa periode 2018-2023.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh memberikan apresiasi terhadap KPU Minahasa karena telah menjalankan Pilkada dengan lancar dari awal hingga akhir. Apalagi partisipasi masyarakat dalam pemilihan mencapai 81,6 persen.

“Sepanjang sejarah baru kali ini calon yang belum terpilih hadir ketika penetapan sebagai puncak teknis penyelenggaraan Pemilu. Kiranya ini bisa menjadi momentum baik dalam demokrasi bangsa ini terlebih pioner di Sulut,” pungkasnya. (Kelly Korengkeng)