Roskanedi Incar Potensi Kerugian Besar

403

Sulut Masuk 3 Besar Dugaan Pelanggaran Pemilu 

Manado, Mangunipost.com – Isu Sulawesi Utara telah menempati peringkat tiga dugaan pelanggaran Pemilu 2019, ternyata belum membuat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut ikut melakukan pergerakan lebih.

Menurut Kepala Kejati Sulut, M Roskanedi, pihaknya tetap akan menindaklanjuti jika ada pelanggaran hukum di balik dugaan pelanggaran Pemilu tahun ini.

“Untuk sementara ini, kami mengetahui isu yang beredar bahwa Pelanggaran Pemilu di Sulut cukup banyak. Namun kita belum melakukan analisa, nanti akan ada tim yang menangani itu. Yang pasti setiap ada temuan pelanggaran hukum pasti akan kita tangani,” tegas Roskanedi.

Lebih lanjut, dirinya membeberkan kalau dalam proses penanganan hukum dugaan pelanggaran Pemilu, pihaknya bakal mengincar kasus yang beraroma korupsi.

“Kalau kerugiannya tidak besar, mereka cukup dengan Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Tapi kalau kerugiannya besar dan punya potensi melanggar Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi maka akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku,” tuntasnya.

Seperti data Bawaslu RI, Sulut kini masuk rangking 3 atas temuan pelanggaran Pemilu, dengan jumlah temuan sebanyak 95 dugaan pelanggaran. Sedangkan, posisi pertama ditempati Jawa Timur dengan temuan 105 dugaan pelanggara. Kemudian disusul Jawa Tengah dengan 101 dugaan pelanggaran. Dimana, dugaan pelanggaran tersebut didominasi Aparatur Sipil Negara. (*)

Penulis : Rizali Posumah

Editor : Jack Wullur