Sambut Festival Danau Tondano, Pemerintah Minahasa Komit ‘Sapu bersih’ Eceng Gondok

165

Manado, MP
Komitmen meningkatkan pendapatan daerah lewat pariwisata di tanah nyiur melambai, kembali digaungkan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Ini juga demi mengawal program unggulan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw (OD-SK).

Demi mengawal program pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten Minahasa membuat program ‘Festival Danau Tondano’ sekaligus berkomitment untuk ‘menyapu bersih’ eceng gondok di Danau Tondano dan sekitarnya.

“Sekarang ini Pak Bupati Roy Roring sedang di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk penanganan Danau Tondano. Jadi ini sudah aset nasional dan ditangani oleh pusat, provinsi dan kabupaten,” ungkap Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Rabu (23/10).

“Rencananya di Tahun 2020, tepatnya bulan Maret kita akan menangani bersama eceng gondok karena di sana nanti ada Latihan Integrasi Taruna Werda (Latsirtada) berpusat di Tondano, akan penanganan bersama-sama pada bulan Maret. Ini bersama-sama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sama-sama dianggarkan,” ujar politisi PDIP ini.

Menurutnya, untuk pergelaran Festival Danau Tondano yang direncanakan diadakan tahun 2020, harus menunggu hasil supaya terbebas dari eceng gondok. “Festival Danau Tondano tadinya direncanakan tahun depan. Jadi kalau kita buat tahun depan, kalau belum bersih kita sendiri akan malu. Maka dari itu diprogramkan setelah danau bersih baru nanti akan dibuat festival itu,” jelasnya.

“Jadi harapan kami untuk DPRD Sulut bisa menunjang. Artinya semua program bisa sama-sama demi kepentingan rakyat,” tuntasnya. (Eka Egeten)