BMI siap sambut HUT ke-17 di Arena Terminal Malalayang, Kota Manado.
BMI siap sambut HUT ke-17 di Arena Terminal Malalayang, Kota Manado.

Manado, Mangunipost.com – Eksistensi Brigade Manguni Indonesia (BMI) di tengah masyarakat Indonesia, kini siap menapaki usia ke-17 tahun. Dalam memperingati pertumbuhan organisasi tersebut, BMI bakal menggelar Apel Adat Wangko, Sabtu (09/03) di Arena Terminal Malalayang, Kota Manado.

Terkait rencana kegiatan tersebut, Sekretaris Jendral (Sekjen), Novi N Kolinug, Rabu (06/03), saat dikonfirmasi awak media telah membenarkan adanya hajatan akbar yang melibatkan pengurus BMI se-Indonesia awal bulan ini.

“Apel Adat Wangko BMI ke-17 tahun ini, bakal dihadiri pengurus DPT BMI dan Korwil se-Indonesia, pengurus DPD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, pengurus Walak dan Wanua seluruh Indonesia, keluarga besar BMI, simpatisan serta tamu undangan,” terang Kolinug.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Apel Adat Wangko BMI ke-17 tahun ini, panitia pelaksananya yakni Tonaas DPD Manado, Rocky Ronoko, dengan Sekretaris Yonvree Wonua.

Selain itu, Sekjen BMI mengemukakan bahwa kegiatan ini mengangkat tema “Dengan semangat I Yayat U Santi, BMI Siap Mengamankan Pemilu Damai 2019”. Dan posisi Tonaas Wangko kini telah dipercayakan kepada Ronny Eman.

Selebihnya, ditegaskan bahwa Dewan Walian telah sepakat untuk menertibkan oknum-oknum yang memanfaatkan BMI untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

“Dewan Walian sudah sepakat menertibkan mereka yang hanya menunggang Brigade Manguni Indonesia untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya sendiri,” ujarnya.

“Kehadiran BMI adalah untuk seluruh kepentingan dan kesejahteraan rakyat dengan berjuang melalui adat istiadat budaya Indonesia, khususnya tanah Minahasa, dengan menghormati dan menjunjung tinggi budaya setempat di manapun kita berada. I Yayat U Santi,” tandas Kolinug. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur