“Save Place” KPU Sulut Siap Atasi Masalah Banjir

300
Lanny Anggrainy Ointu
Lanny Anggrainy Ointu

Manado, MP – Daya antisipasi rusaknya logistik akibat banjir, telah diperhitungkan dengan matang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut).

Tak heran jika penerapan “Save Place” ikut menjadi salah satu langkah strategis KPU Sulut dalam mengatasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Hal ini dikemukakan salah satu Komisioner KPU Sulut, Lanny Anggrainy Ointu, ketika ditemui wartawan Mangunipost.com, Kamis (24/1), di ruang kerjanya.  

“Untuk daerah rawan banjir, misalnya di Manado KPU telah menyewa gudang bukan di tempat yang rawan banjir,” terang Lanny.

Bahkan, dirinya menambahkan sejumlah ruko di Kota Manado yang bebas banjir, telah disewa sebagai bagian dalam menerapkan “Save Place”.

“KPU telah mengambil langkah untuk mengantisipasi kalau terjadi bencana misalnya menyewa ruko-ruko di lantai dua supaya ketika terjadi banjir datang logistiknya tetap aman. Selain itu, kotak suara karton masih dilapisi plastiknya dan belum dibuka sampai hari ini,” tuturnya.

Dan Lanny juga menjelaskan bagaimana mekanisme yang ditempuh KPU Sulut, jika ke depan kotak suara rusak akibat banjir.

“Kalau ada kejadian banjir dan logistiknya rusak berarti KPU Sulut akan berkodinasi dengan pusat secepatnya supaya ada pergantian. Langsung buat berita acara dan dibuat kronologis berita, berapa jumlah yang rusak semua itu didata dan dilaporkan ke KPU pusat kemudian dikirim penggantinya. Karena mengingat hari-H Pemilu semakin dekat,” tuntasnya. (Eka Egeten)