Sekda Lolowang Pimpin Panen Perdana Bawang Merah

234
Saat panen bawang dilakukan bersama-sama. (ist)

Tomohon, MP
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tomohon, Ir Harold V Lolowang MSc MTh memimpin pelaksanaan panen perdana bawang merah di Kelurahan Kamasi I, Rabu (12/9). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Temu Lapang Diseminasi Teknologi Budidaya Varietas Bawang Merah Mendukung Penyediaan Benih Bermutu di Sulawesi Utara (Sulut).

Adapun bawang merah yang dipanen merupakan hasil dari teknologi demonstrasi plot (Demplot). Komoditi tersebut produk dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP Sulut. Saat membacakan sambutan Walikota Jimmy F Eman SE Ak, Lolowang mengharapkan, pihak-pihak terkait dapat mendukung program teknologi pertanian itu.

“Kiranya para stakeholder bisa memberikan respons positif. Sehingga bawang merah ini dapat dikembangkan menjadi komoditi strategis untuk mendukung kedaulatan pangan di Kota Tomohon,” ujar Lolowang.

Dikatakannya, Walikota Tomohon juga memohon kepada BPTP Sulut, sekiranya dapat melakukan pendampingan ke petani di Tomohon terkait teknologi ini. “Tentu untuk memberi kemampuan bagi petani dalam menerapkan teknologi itu pada usaha tani,” sebut Lolowang usai memanen bawang merah di lahan salah satu petani Kelurahan Kamasi 1.

Kegiatan ini dihadiri utusan BPTP Balitbangtan Sulut bersama jajaran, Ir Hartim Kasim, Kepala Dinas Pangan, Dra Lily Solang MM, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Ir Vonny Pontoh MBA, unsur Koramil Tomohon, kelompok tani dan petani bawang merah. (timmp/01)