Sempurnakan RKPD Tomohon 2020, Bappelitbang Serap Masukan

228
Suasana kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Guna menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) berupaya menyerap aspirasi. Itu berupa masukan dan saran dari tokoh masyarakat, praktisi hingga akademisi. Diimplementasikan melalui Konsultasi Publik yang digelar di Grand Master Resort Kakaskasen Satu, Tomohon Utara, Jumat (01/02).

Hal ini dituturkan Kepala Bappelitbang, Ir Ervinz Liuw MSi. Kata dia, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengomunikasikan dan mengoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan daerah. Tentunya, mampu menjawab isu-isu strategis. 

“Rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) tingkat kecamatan. Juga sebagai acuan, penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah,” ujar Liuw dalam laporannya.

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Daerah, Ir Harold Lolowang MSc mengatakan, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis. Itu bisa menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan penganggaran tahunan.

Untuk itu, proses penyusunan RKPD Kota Tomohon Tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melakukan terobosan dalam hal perencanaan yang dapat menunjang program Emas melalui pelaksanaan e-goverment.

“Tentunya dengan membuat sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom (Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon). Di dalamnya memuat sejumlah aplikasi. Antara lain e-pokir, e-proposal, e-musrenbang, e-renja, e-rkpd dan e-report,” papar Lolowang dalam materinya.

Disebutnya, forum ini mempedomani kebijakan nasional dan provinsi. Mendorong potensi daerah sehingga terwujud pengembangan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bahkan konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan serta sinergitas program.

“Kiranya berbagai pemikiran, masukan dan saran dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon,” asanya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Ir Miky Wenur mengapresiasi Pemkot Tomohon. Dimana, terus bersinergi dengan DPRD. Sehingga pembangunan di Kota Tomohon di segala bidang biasa berjalan dengan baik. Semisal bidang kesehatan dan pendidikan.

“Kami akan terus memberikan dorongan untuk bidang pariwisata. Ini sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota Destinasi Wisata Dunia,” ujar Wenur yang juga selaku narasumber.

Di sela-sela kegiatan, dilakukan penandatanganan berita acara peserta Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020. Giat ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon l, Youddy Moningka SIP, para anggota DPRD Piet Pungus SPd, Frets Keles ST, Erens Kereh. Hadir pula Asisten Kesra Drs ODS Mandagi, Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, tokoh agama dan masyarakat, bersama unsur perangkat daerah. (*)

Penulis/Editor: Tim MP