Sentuhan Tangan Dingin Zinedine Zidane Bikin Real Madrid Terbaik di Eropa Soal Aspek Ini

75

KOMPAS.com – Di bawah tangan dingin Zinedine Zidane, Real Madrid jadi tim dengan pertahanan terbaik tak cuma Liga Spanyol tetapi seluruh kompetisi di Eropa. Kembalinya Zinedine Zidane seakan menjadi titik balik bagi Real Madrid untuk bersaing kembali dengan rival mereka yakni Barcelona. Tampil kurang stabil di musim lalu, Real Madrid konsisten setelah Zinedine Zidane kembali ke kursi pelatih Los Blancos usai menjalani rehat selama setahun. Hasilnya bisa terlihat Real Madrid sementara bertengger di puncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan meraup 49 poin.

Mereka ditempel ketat rival abadi mereka yakni Barcelona di peringkat kedua dengan tertinggal 3 poin. Namun, Zidane menunjukkan apa yang Real Madrid miliki sementara Barcelona tidak, yakni ketangguhan lini pertahanan. Seperti dikutip Bolasport dari Opta, Sejak 30 Oktober 2019, Real Madrid tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan Liga Spanyol. Selama 13 pertandingan tak terkalahkan itu, tim asuhan Zinedine Zidane 9 kali mendapatkan hasil clean sheet alias tidak kebobolan.

Di antara laga-laga itu adalah duel melawan dua tim besar Spanyol yakni Barcelona dan Atletico Madrid. Pada rentetan 13 laga tersebut, Zinedine Zidane memabawa Real Madrid cuma kebobolan 4 gol atau rata-rata 0,31 gol per pertandingan. Real Madrid hanya 3 kali memperoleh hasil clean sheet dalam 9 pertandingan sebelum 30 Oktober 2019. Selama 9 laga sebelum 30 Oktober itu, Real Madrid kebobolan 9 gol atau rata-rata 1 gol per partai. Baca juga: Cedera, Sterling Berpotensi Absen Saat Man City Tandang ke Real Madrid Peningkatan performa di lini pertahanan membuat Real Madrid kini mengukir sejumlah statistik gacor di antara tim-tim 5 liga top Eropa. Real Madrid sekarang tercatat sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit (13). Selain itu Zidane telah mencatatkan diri sebagai salah satu pelatih terbaik Real Madrid. 129 kemenangan bersama klub ibu kota Spanyol itu. Zinedine Zidane melewati catatan milik Mourinho (128) dan cuma kalah dari Del Bosque (133) dan Miguel Muñoz (357).  (Dwi Widijatmiko)  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sentuhan Tangan Dingin Zinedine Zidane Bikin Real Madrid Terbaik di Eropa Soal Aspek Ini”, https://www.kompas.com/sport/read/2020/02/04/184000067/sentuhan-tangan-dingin-zinedine-zidane-bikin-real-madrid-terbaik-di-eropa
Penulis : Angga Setiawan
Editor : Firzie A. Idris