Seven Summit of Tomohon ‘Sniper’ Wisatawan Internasional Jelang HUT RI

60

TOMOHON, ManguniPost.com – FKPA Tomohon secara terbuka telah menggelorakan semangat memperkenalkan tantangan dan indahnya wisata gunung di Kota Bunga, melalui kegiatan Seven Summit of Tomohon 2020.

Saat dihubungi awak media, koordinator tim kerja Seven Summit of Tomohon 2020, Raymond Rengkung menjelaskan kalau latar belakang mewujudkan event tersebut, berawal dari konsep Solo Hiking Bob Sumoked.

Dimana, pada tanggal 14-15 juli lalu, Bob telah menuntaskan kebut tujuh gunung di Kota Tomohon. Selanjutnya, Rengkung menuturkan petualang Bob selama dua hari itu, akhirnya memicu FKPA Tomohon menggelar kegiatan Seven Summit of Tomohon 2020 dalam bentuk lomba jelang HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun.

“Pada prinsipnya kegiatan ini berbentuk lomba, namun orientasinya ke depan bertujuan memperkenalkan wisata gunung yang dimiliki Kota Tomohon,” terang Rengkung, didampingi Wakil Koordinator, Karen Senduk.

Tak hanya itu, Rengkung juga menjelaskan bahwa kegiatan Seven Summit of Tomohon 2020 ini, turut memperkenalkan keindahan panorama lima gunung lainnya yang tak kalah menarik dengan Lokon dan Mahawu.

Selebihnya, Rengkung berharap kegiatan ini ke depan dapat menjadi pemantik Kota Tomohon menjadi wisata gunung terbaik di Indonesia. “Tentunya wisata gunung yang dikemas dalam bentuk lomba ini ke depan diharapkan dapat memperkaya destinasi wisata di Indonesia terlebih khusus Sulut, dan membuat wisatawan baik nasional maupun internasional semakin banyak yang berkunjung ke Tomohon,” ungkapnya.

Terkait persiapan kegiatan, Rengkung menuturkan kalau sudah ada 44 team yang mendaftar. “Karena event ini sifatnya terbuka, maka sudah ada peserta yang berasal dari Sulawesi Tengah dan Gorontalo, sementara itu satu peserta dari Sumatera on proses. Mudah-mudahan mereka siap pada hari H pelaksanaan,” ujarnya.

Adapun diketahui, dalam kegiatan ini setiap team diwajibkan membawa satu buah bendera. Dan pelaksanaan dimulai tanggal 14 hingga 15 Agustus 2020. “Pagi hari para peserta diantar ke pos start kemudian naik ke Gunung Lokon, setelah tiba langsung turun, ke Gunung Empung, dilanjutkan ke Gunung Mahawu kemudian ke Gunung Masarang. Setelah turun peserta nanti akan bermalam di Camping Ground Taman Wisata Alam Tomohon,” jelas Rengkung mengenai rute perjalanan, Jumat (14/08) nanti.

Sedangkan, Sabtu (15/08) peserta akan menuju ke Gunung Wawo, Tampusu, Tolangkow dan berakhir di Alfa Omega. “Technical Meeting hari Kamis 13 Agustus di Kelurahan Kaskasen 2 Kecamatan Tomohon Utara, sesudahnya peserta akan langsung ke Camping Ground untuk persiapan pelaksanaan  menuju garis start esok harinya,” pungkasnya.

Untuk kegiatan, Minggu (16/08) para peserta akan menginap di camping ground, bawah kaki Gunung Empung. Lalu, Senin(17/08) megikuti upacara dan pengibaran 75 bendera merah putih di Gunung Lokon.

“Pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan usai digelarnya upacara bendera. Total hadiah yaitu uang tunai sebesar 10 juta rupiah. Nanti sesudah itu akan ada doorprize dan lomba-lomba lainnya dilaksanakan di camping ground,” tandasnya. (*)