‘Silent Operation’ Ismail-Usup, PN Manado Tembus Rangking 2 Evaluasi SIPP

77

MANADO, ManguniPost.com – Kerja keras Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado, Djamaludin Ismail dan Wakil Ketua Muh Alfi Sahrin Usup, bersama segenap keluarga besar PN Manado, dua bulan belakangan ini ikut membuahkan hasil.

Dimana, setelah Ismail-Usup dipercayakan menakhodai PN Manado, perubahan demi perubahan telah terjadi dalam peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan di PN Manado.

Bahkan, dalam evaluasi implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Direktorat Jendral (Ditjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung RI periode Agustus 2020 berjalan ini, Rabu (12/08) PN Manado telah menempati peringkat kedua di kategori 1001-2000 perkara, dengan penilaian bintang lima.

Hal tersebut termuat dalam website resmi Ditjen Badilum Mahkamah Agung RI terkait Evaluasi Implementasi SIPP pengadilan tingkat pertama se-Indonesia.

Dimana, berdasarkan statistik, PN Manado pada periode Januari-Februari 2020 telah berada di peringkat 29, pada periode Maret 2020 berada di posisi 30, lalu naik di periode April pada urutan 28, dan naik lagi di periode Mei 2020 di posisi 26.

Menariknya, ketika Ismail dan Usup mulai bertugas Juni 2020, posisi PN Manado ikut melesat ke urutan 18, lalu naik ke posisi 15 pada periode Juli 2020.

Saat dihubungi awak media, Usup tak menepis kalau penilaian bintang lima terkait Evaluasi Implementasi SIPP pengadilan tingkat pertama se-Indonesia diraih PN Manado semenjak Juni 2020. “Sekarang sudah bintang lima, itu semenjak bulan Juni 2020,” singkatnya.

Selanjutnya, secara lugas eks Ketua PN Bitung, yang juga telah meraih rangking 2 nasional atas fit and proper test calon pimpinan PN Kelas IA khusus dan IA Februari 2020 itu menerangkan, keberhasilan PN Manado menempati peringkat 2 di periode Agustus berjalan ini tak lepas dari kerja sama dan kerja keras dari segenap keluarga besar PN Manado.

Apakah posisi peringkat dua evaluasi implementasi SIPP di kategori 1001-2000 perkara periode Agustus ini akan tetap dipertahankan PN Manado? Atau malah naik ke peringkat pertama, atau bisa juga turun. Penentuannya bakal terlihat di akhir bulan.

Patut diketahui, dalam Evaluasi Implementasi SIPP Ditjen Badilum Mahkamah Agung RI ada 37 item yang dinilai, 3 item terkait kategori kinerja, 21 terkait kategori kepatuhan, 7 terkait kategori kelengkapan, dan 6 terkait kategori kesesuaian. (*)