Pesta Rakyat, AGC-AMAN Ajak Warga Tatelu Bermain Sambil Belajar

140

Tatelu, MP

Artisanal Gold Council (AGC) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Pesta Rakyat bertema ‘Generasi Emas Indonesia’ di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara.

Sambil bergembira, masyarakat ikut diedukasi tentang beberapa hal seputar tambang. Baik kesehatan, lingkungan hingga keselamatan kerja.

Kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, terutama yang ada di sekitar wilayah pertambangan emas skala kecil di Tatelu. Anak-anak hingga lansia tampak hadir dan sangat antusias. Mereka kebanyakan keluarga penambang emas.

Sambutan hangat dan dukungan penuh diberikan Hukum Tua John Lausan dan seluruh perangkat pemerintah Desa Tatelu.

Titik Hartini dari AGC, mengaku gembira dengan respon luar biasa dari pemerintah dan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini kita kemas dalam bentuk games atau permainan yang menarik. Permainan ini dipilih sebagai cara untuk menggambarkan materi dan isu terkait pertambangan emas skala kecil,” jelasnya.

Terlihat, permainan yang dilaksanakan yaitu Joget Balon, Estafet Tepung, Motor Lambat, dan Lari Kelereng.

Usai permainan, Putri Kapoh dari AMAN Sulut menjelaskan relevansi permainan dengan isu dan hal terkait pertambangan emas skala kecil.

“Joget atau goyang balon memberikan pengetahuan tentang hak anak. Estafet tepung memberikan pengetahuan tentang bahaya merkuri. Motor lambat memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja,” terang Titik.

“Kegiatan yang diisi dengan berbagai lomba ini, juga dimeriahkan dengan pemberian berbagai hadiah lomba dan door prize,” tandasnya. (Eka Egeten)