Syarat Maju Sebuah Desa, Harus ada Anak Muda dan Sumber Daya Manusia yang Unggul

205


Penulis: Lucky Schramm

Dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan yang diadakan Oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sulawesi Utara yang dibuka langsung oleh Kepala Biro Kesra dr. Kartika Devi Kandou Mars dengan dilanjutkan oleh arahan dari Wagub Seteven O. Kandou. Sebagai nara sumber Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie SetiaDi menjelaskan ciri-ciri yang menandakan sebuah desa akan maju ada dua syarat.

Pertama, harus ada anak muda, pemerintah desa harus melibatkan anak-anak dalam setiap kegiatan desa, karena memiliki ide kreatif dan inovatif serta cenderung memiliki pemikiran yang out of the box.

Kedua, desa harus miliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul, sejalan dengan visi Indonesia Maju yang digagas Presiden Joko Widodo untuk periode yang kedua yaitu SDM unggul.

Sulawesi Utara masih terdapat Desa tertinggal dan belum ada Desa Mandiri akan tetapi sudah banyak desa yang maju.

Yang harus dilakukan sekarang ini agar desa maju harus adanya Penguatan Pengawalan dan Pengawasan Pemanfaatan Dana Desa.
Untuk Penguatan inovasi desa harus melibatkan pemuda sebagai inovator desa, menggunakan website desa untuk menyebarkan informasi, berpikir dan bertindak out of boxdan kreatif memanfaatkan dana desa.

Dengan pengelolaan desa dengan baik dan menjadi pendukung utama kemajuan Indonesia dengan pemanfaatan segala sumber daya desa yang ada.
Rakor juga di hadiri oleh pejabat pemerintah Provinsi dan para pendamping desa yang berada di Sulawesi Utara
Desa maju Indonesia Hebat.