Tangis Haru Mbah Mitun, Rumahnya Dibedah Polres Trenggalek

187

Trenggalek, MP

Seorang nenek bernama Mbah Mitun tak sanggup menahan terharu dan bahagia, karena apa yang dilakukan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Mbah Mitun adalah seorang nenek yang tinggal di desa Gador Kecamatan Durenan Trenggalek. Hari ini, rumahnya dibongkar total dan diperbaiki oleh jajaran Polres Trenggalek, Sabtu (12/10/2019)

Selama ini, Mbah Mitun menempati rumahnya bisa dikatakan jauh dari kata layak. Selain berukuran kecil, rumah tersebut hanya beralaskan tanah dan berdinding kayu dan anyaman bambu. Sehari-hari nenek janda ini tinggal bersama dua oarang cucunya yang masih kecil. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhannya, Mbah Mitun bekerja sebagai buruh tani dengan pendatapan tidak menentu.

Melihat kondisi tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, terketuk hatinya dan turut  berkontribusi dalam proses pembangunan rumah mbah Mitun agar menjadi lebih layak ditempati. Alhasil, gagasan tersebut disambut oleh perangkat desa setempat dan Muspika kecamatan Durenan.

“Bedah rumah ini merupakan kolaborasi antara Polres Trenggalek, Pemerintah Desa Gado, Muspika Durenan dan Baznas Kabupaten Trenggalek untuk membantu warga yang kurang mampu.” ujar Calvijn

Setelah melewati diskusi dan perencanaan yang matang, hari ini bedah rumah tersebut baru bisa dilaksanakan. Untuk memperlancar proses pembangunan, pihaknya menurunkan puluhan anggotanya. Bahkan Calvijn memimpin langsung kegiatan dan turun bersama-sama anggota dan masyarakat sekitar.

“Membantu meringankan beban Mbah Mitun. Biar Mbah Mitun bisa tinggal di rumah yang lebih layak.” kata Calvijn.

Calvijn Menambahkan, peran Kepolisian merupakan wujud kepedulian, simpati dan empati kepada warga tak mampu, dan Polri sebagai representasi dari negara wajib hadir ditengah masyarakat utamanya bagi mereka yang membutuhkan bantuan atau pertolongan.

Sementara itu, Mbah Mitun merasa sangat bahagia karena rumah yang selama ini digunakan untuk bertempat tinggal telah diperbaiki menjadi lebih baik. Pihaknya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Trenggalek yang telah banyak membantu bedah rumah miliknya.

“Matur nuwun sanget kagem bapak Kapolres.  Mugi tansah pinaringan sehat lan rejeki ingkang barokah. (Terima kasih sekali kepada Kapolres. Semoga selalu diberikan kesehatan dan rejeki yang barokah).” ujar Mbah Mitun

Tidak hanya bedah rumah, Calvijn juga menyerahkan santunan yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh Mbah Mitun untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari serta bantuan berupa semen, batako dan material lainnya. (phee)