Telusuri Sisa Dana CSR, Kejari Manado Amankan 120 Juta

58

MANADO, ManguniPost.com – Setelah mengungkap mengendapnya dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank SulutGo di rekening pribadi oknum pejabat RSUD Manado sebesar Rp650 juta, Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado kembali berhasil membongkar kemana aliran dana sebesar Rp550 juta.

Dan, Rabu (29/07) ini, Kejari Manado kembali mengamankan uang negara sebesar Rp120 juta, dengan menerima uang dari RSUD Gigi dan Mulut Kota Manado untuk dititipkan ke rekening BRI Kejari Manado.

Saat dihubungi awak media, Kepala Kejari (Kajari) Manado, Maryono tak menepis kalau dana CSR Bank SulutGo berbanderol Rp1,2 miliar yang diperuntukkan RSUD Manado, aliran dananya telah tuntas ditelusuri pihaknya.

Selain itu, Maryono mengungkapkan kalau pihaknya juga telah menerima penitipan sisa dana dari Rp550 juta, yakni sebesar Rp120 juta. “Hari ini penyelidik Kejari Manado menerima penyerahan sebagai titipan dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Kota Manado uang sebanyak Rp120 juta dari sejumlah Rp550 juta yang sebelumnya ditelisik Kejari Manado,” terang Maryono.

Sedangkan, untuk dana Rp430 juta, Maryono menyebutkan itu telah dipergunakan pihak RSUD Manado. “Dana Rp430 juta sudah digunakan oleh Rumah Sakit untuk pengadaan mebulair, AC komputer, laptop dan peralatan kantor lainnya,” tuturnya.

Adapun turut ditegaskan Kajari Manado, proses hukum atas kasus dana CSR ini masih berlanjut. “Tindakan penyelidik Kejari Manado ini semata-mata untuk penyelamatan dan penertiban penempatan keuangan negara. Disamping itu, untuk menelisik lebih lanjut apakah ada unsur tindak pidana atau hanya sekedar salah prosedur administratif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jumat (10/07) lalu, pihak Kejari Manado telah mengamankan uang negara sebesar Rp650 juta dari rekening pribadi oknum pejabat untuk dititipkan sementara ke rekening BRI Kejari Manado. Sehingga, total dana CSR yang diamankan Kejari Manado berjumlah Rp770 juta. (*)