Terkait UN, Kandouw Warning Para Kepsek

200

Manado, MP

Hasil Ujian Nasional (UN) SMK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2019 yang berada di zona bawah nasional, ditanggapi
Wakil Gubernur Steven Kandouw. Menurutnya, hal ini harus dilihat dari berbagai macam parameter.

“Parameter pendidikan atau standar kelulusan tidak hanya Ujian Nasional saja. Anak didik akan lulus sekolah bukan hanya dari UN saja. Perlu juga memperhatikan ulangan harian, kehadiran dan variabel pendukung lainnya supaya bisa mencampai standar kelulusan,” tegas Kandouw.

“Jadi jika diteliti secara komperensif, ujian kita meningkat tapi di daerah lain jauh lebih meningkat. Tahun depan harus lebih meningkat dan dunia belum kiamat hanya gara-gara nilai ujian itu,” ucapnya.

Kandouw juga menjelaskan bahwa dengan adanya bukti kelulusan siswa mencapai sembilan puluh persen kelulusan, ini berarti merupakan hal yang baik.

“Bukti kelulusan sembilan puluh persen ini bukan pembelaan. Karena dengan hasil ini pemerintah pun harus kerja keras berkaitan dengan masalah nilai ujian itu. Khusus Ujian Nasional Pak Gubernur sudah memerintahkan tahun depan, saya akan awasi,” terangnya.

“Dapa tampeleng kalo kepala-kepala sekolah yang tidak membuat terobosan demi peningkatan nilai mata ujian nasional. Kan cuma empat se-Indonesia,” tandasnya. (Eka Egeten)