Tetapkan Tersangka Owner Twelve Wine, Polda Sulut Dipraper Lagi

620

Manado, ManguniPost.com – Perang dingin Owner Twelve Wine & Liquer Cafe dengan Polda Sulut, kembali bermuara di Pengadilan Negeri (PN) Manado.

Dimana, Vanny Samsu untuk kedua kalinya ikut mengajukan praperadilan (praper) terhadap pihak ResNarkoba Polda Sulut, yang telah menetapkan dirinya sebagai tersangka dan menyita 47 botol minuman beralkohol (minol) miliknya.

Terkait hal ini, Kuasa Hukum Samsu, Advokat Hanafi Saleh, saat ditemui awak media, Kamis (14/11), membenarkan adanya langkah praper yang ditempuh kliennya.

“Sidang hari ini, sebenarnya Jumat pekan lalu, tapi Termohon (ResNarkoba Polda Sulut) tidak hadir. Praper atas penetapan tersangka dan penyitaan,” terang Hanafi.

Sementara itu, diketahui berkas permohonan praper yang teregister dengan nomor 15/Pid.Pra/2019/PN Mnd, persidangannya akan dipimpin langsung oleh Hakim Imanuel Barru.

Sebelumnya, pihak ResNarkoba Polda Sulut sempat dipraper Samsu, ketika ribuan botol minolnya disita secara inprosedural. Dan Hakim Praper pun telah mengeluarkan putusan yang menyatakan tindakan penyitaan tersebut cacat hukum.

Dalam amar putusan, pihak ResNarkoba Polda Sulut pun diminta untuk mengembalikan ribuan botol minol itu kepada pemohon.

Menariknya, Kamis (24/10) malam, saat memulangkan ribuan botol minol yang disita. Pihak ResNarkoba Polda Sulut kembali mengambil 47 botol dengan dalih sebagai sampel. Dengan mengacu pada surat penetapan yang ditandatangani Wakil Ketua PN Manado.

Tak hanya sampai di situ, ResNarkoba Polda Sulut dalam menangani kasus ini juga ikut menetapkan Samsu sebagai tersangka. Langkah tersebut tak diterima begitu saja oleh Samsu, sehingga dirinya menempuh jalur praper. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur