Tiga Parpol Tak Laku di Bitung

311

Bitung, MP

Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda  tak laku di Kota Bitung. Buktinya, tidak adanya calon legislatif (caleg) yang mau mendaftar di tiga parpol ini.

Hingga kini, belum diketahui penyebab tidak adanya caleg yang mendaftar di tiga partai itu. Namun, disinyalir, ketidakmampuan pimpinam parpol yang bersangkutan yang membuat ketiga partai itu tidak dilirik.

Sampai hari terakhir, ketiga partai itu tidak mendaftarkan nama-nama caleg yang akan diusung. Padahal, Selasa (17/7) lalu, seharian penuh kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung dibanjiri pengurus parpol.

Informasi diperoleh, Partai Berkarya sudah mendatangi KPU untuk meregistrasikan partai mereka. Namun sampai selesai waktu pendaftaran pada Pukul 00:00 Wita, lalu, mereka tidak kembali lagi untuk memasukkan berkas pendaftaran bacaleg.

“Jadi Partai Berkarya kami anggap tidak sah dan tidak dapat mengikuti Pemilu,” kata Desly Sumampouw, Ketua KPU Kota Bitung, Rabu (18/7) kemarin.

Lain Partai Berkarya, lain pula Partai Garuda. Partai ini sama sekali tidak nampak batang hidungnya di Kantor KPU.

“Berbeda halnya dengan Partai Garuda, mereka tidak datang meregistrasi partainya ke KPU,” ungkap Sumampouw.

Hal yang sama juga dilakukan Partai Bulan Bintang. Mereka mengikuti jejak Partai Garuda yang tidak memasukkan nama-nama caleg.

“Untuk Partai Garuda dan PBB, mereka tidak datang mendaftar. Otomatis Partai Garuda dan PBB tidak dapat mengikuti Pemilu tahun 2019 di Kota Bitung,” tegas Sumampouw.