‘Tilep’ Ratusan Juta, Makagansa Siap Diadili

298

Banar Cs Ditunjuk Tuntaskan Perkara Korupsi ADD Sangihe 2016

Manado, Mangunipost.com – Aksi ‘perampokan’ ratusan juta Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, proses meja hijaunya pekan ini siap bergulir di Pengadilan Negeri Manado.

Menurut informasi, berkas perkara NDMM alias Makagansa itu telah ditembuskan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Edwin Tumundo, Kamis (21/03), dan teregister dengan nomor 5/Pid.Sus-TPK/2019/PN Mnd.

Terkait prosesnya, Panmud Pidsus PN Manado, Marthen Mendila, saat dihubungi awak mengungkapkan kalau Ketua PN Manado, Lukman Bachmid telah menetapkan Majelis Hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut. “Sudah ada penetapan Majelis Hakimnya, Ketua Majelisnya pak Vincent,” singkat Mendila.

Sementara itu, Juru Bicara Hakim PN Manado, Vincentius Banar saat ditemui awak media tak menepis kalau dirinya memang telah ditunjuk Ketua PN Manado untuk memproses perkara Makagansa.

“Iya, saya Ketua Majelis Hakimnya, rencananya sidang dakwaan akan kita gelar Kamis (28/03-red),” terang Banar, seraya menambahkan dalam memeriksa perkara ini, dirinya turut didampingi Hakim Arkanu dan Edy Darma Putra.

Adapun berdasarkan data yang dihimpun Mangunipost.com, Makagansa bersama AML alias Landeng (terdakwa penuntutan berkas terpisah), harus terjerat hukum karena diduga kuat telah menyebabkan terjadinya kerugian negara sebesar Rp211.436.305, atas ADD/ADK di Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sangihe 2016.

Saat itu, Pemkab melalui dinas terkait telah mencanangkan pengadaan Laptop dan Alat Elektronik lainnya berupa wireless, kamera digital dan printer, yang dipesan 23 kampung di Sangihe.

Parahnya, selaku penyedia barang, Makagansa hingga kini justru tidak melakukan pembelian atas pesanan tersebut dan belum menyerahkannya ke 23 kampung di Sangihe.

Akibat aksi nakalnya itu, Makagansa mau tak mau harus menjalani proses meja hijau di PN Manado hingga tuntas, terhitung sejak sidang dakwaan digelar. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur