Tim PKM Fakultas Pertanian Unsrat Gelar Penyuluhan ke Petani Sawah di Langowan

158

Langowan, MP

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melaksanakan kegiatan pengabdian berupa penyuluhan bagi petani padi sawah di Desa Wolaang, Kecamatan Langowan Timur, Kabupaten Minahasa.

Sasaran dari kegiatan ini adalah para petani dan juga kelompok tani yang mengelola usahatani padi sawah.

“Dan yang menjadi mitra dari kegiatan ini adalah kelompok tani Sejahtera yang ada di Desa Wolaang,” ujar Yolanda Pinky Rori, SP., MS., Ketua Tim Dosen yang melakukan penyuluhan, didampingi  Jelly Lumingkewas, SP., MSi.

Menurut Rori, kegiatan ini dilaksanakan karena melihat kondisi yang ada di wilayah tersebut.

“Pendapatan petani masih belum maksimal. Hasil panen yang diperoleh tidak terjadi peningkatan dari setiap kali panen,” jelasnya.

Sementara, metode pelatihan dilakukan berdasarkan metode pembelajaran orang dewasa (otodidak) dan dilaksanakan secara klasikal dengan memberikan teori dan praktek melalui ceramah dan diskusi kelompok secara terarah  (Focus Group Discussion).

“Dari kegiatan ini diharapkan pertama, petani dapat memahami bahwa pengelolaan usahatani yang baik sangat penting bagi petani sebagai individu dan petani sebagai kelompok. Kedua, masyarakat dapat memahami bahwa pengelolaan keuangan usahatani sangat perlu bagi perencanaan dan evaluasi pengeluaran usahatani. Ketiga, meningkatkan kemampuan teknis dan ekonomi organisasi. Sehingga penyuluhan yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi petani, baik sebagai individu maupun petani sebagai kelompok, untuk dapat mengembangkan usahataninya,” papar Rori.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani Sejahtera, Joutje Manopo dan anggota kelompok tani yang ada.  (Eka Egeten)