TNI AU-US Air Force Latihan Bersama di Sulut

197

Manado, MP

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan, Jr menghadiri pembukaan latihan bersama TNI AU dan US Air Force bersandi Cope West 2019 di Lanud Sam Ratulangi Manado, Senin (17/6).

“Kegiatan ini akan berlangsung hingga 28 Juni 2019. Turut hadir dalam acara pembukaan ini, jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Bapak Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Bapak Edwin Silangen dan para pejabat TNI AU,” jelas Kepala Biro Protokol dan Humas Pemprov Sulut, Dantje Lantang.

Upacara dipimpin Kolonel Satriyo Utomo, Komandan Wing 3 Lanud Iswayudi Koops AU I dari Indonesia dan Colonel Paul Kirmis, Vice Commander of the 35 Fighter Wing on Misawa Jepang, dari Amerika Serikat.

Latihan Cope West ini melibatkan sedikitnya 150 personel TNI AU, 130 prajurit US Air Force serta 13 pesawat tempur F-16.

“Dalam latihan, US Air Force akan menggunakan enam pesawat tempur F-16 dari Skadron 14 yang bermarkas di Misawa Jepang dan dari TNI AU akan mendatangkan tujuh pesawat tempur F-16 dari Skadron udara 3 Lanud Iswahyudi,” terang Lantang.

Latihan ini merupakan yang ketiga kalinya digelar di Manado. Manado sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Cope West 2017 dan 2018. (Eka Egeten)