Tomohon Panen Bawang Merah Lansuna

256
Saat panen perdana berlangsung. (ist)

Tomohon, MP
Kota Tomohon secara perdana melaksanakan panen bawang merah varietas lansuna. Kegiatan ini dipimpin Walikota Jimmy F Eman SE Ak melalui Wakil Walikota Syerly A Sompotan di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tomohon Utara, Selasa (8/1).

Kata Sompotan, salah satu program yang mendukung kedaulatan pangan adalah penelitian dan pengembangan teknologi budidaya komoditas bawang merah. Menurutnya, produk pertanian ini merupakan komoditas strategis. Memiliki nilai ekonomis tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain.  

Dirinya berharap, Balai PengkajianTeknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut) dapat membantu petani di Tomohon. Utamanya pendampingan teknologi bagi petani. Sehingga mereka mampu menerapkan itu di setiap usaha tani demi kesejahteraan. Kegiatan ini juga untuk mendukung target Pemerintah Republik Indonesia, yakni kemandirian ekonomi nasional. 

“Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus berupaya menyukseskan program kedaulatan pangan. Semisal melalui budidaya bawang merah. Kedaulatan pangan telah menjadi isu global, penting sejak era 90-an,” ungkap Sompotan.

Lanjut dia, kemandirian suatu bangsa untuk memenuhi hak-hak rakyat atas pangan bermutu, ramah lingkungan sesuai budaya lokal dan berkelanjutan. Hal ini melalui pendekatan think global, acting lokally (berpikir secara global, bertindak sesuai kearifan lokal).

Pemkot Tomohon pun secara proaktif dan partisipatif selalu mendukung program ketahanan pangan. Tentu dengan kebijakan lokal spesifik yang berbasis sumber daya alam dan kearifan daerah.

“Panen ini merupakan hasil kerja keras petani. Kiranya panen perdana bawang merah akan memotivasi para penyuluh untuk terus berkontribusi bagi peningkatan produksi dan pendapatan petani di Tomohon,” tandasnya.

Kesempatan ini, Sompotan mengapresiasi BPTP Sulut, petani dengan kelompoknya masing-masing, para penyuluh serta institusi terkait dalam pengembangan bawang merah lansuna. 

Kegiatan ini dihadiri Kepala BPTP Sulut, Dr Ir Yusuf MP, Kepala Dinas Pangan dan Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon, para penyuluh pertanian dan kelompok-kelompok tani. (timmp)