TP PKK & DEKARNASDA Kabupaten Minahasa Dilantik

371

Tondano, MP

Bupati Minahasa melantik Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Minahasa masa bakti 2018-2023, pada Kamis (25/10), di BPU Tondano. Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Minahasa.

Hadir dalam acara ini Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, Msi, Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, SSi , Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, Ibu Dra. Fenny Ch. M. Roring Lumanauw,SIP, Wakil ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, Ibu Martina Dondokambey Lengkong, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Minahasa, Ibu Seive Korengkeng Warouw, Ketua Persis Kartika Chandra Kirana 1302 Minahasa yang diwakili oleh Dra. Seska Giroth, Ketua Ikatan Adiyaksa Dharmakarini Kabupaten Minahasa yang di wakili oleh Ny. Fera Felix Palit dan Ketua IWAPI Kabupaten Minahasa Ibu Meyti Chandra Lantang.

Bupati Minahasa Melantik Pengurus TP PKK Kabupaten Minahasa masa bakti 2018-2023, dan dirangkaikan juga dengan Pelantikan Pengurus DEKRANASDA Kabupaten Minahasa Tahun 2018 pelantikan dilakukan oleh Ketua DEKRANAS Ibu Dra Fenny Ch M Lumanauw,SIP.

Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa juga selaku Ketua DEKRANASDA Kabupaten Minahasa, Dra. Fenny Ch M Roring Lumanauw, SIP dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan Tuhan padanya. Gerakan dan Kesejahteraan Keluarga atau PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. Pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju keluarga sejahtera yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat, mandiri, berkeadilan, maju, kesetaraan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Untuk mewujudkan tercapainya program pokok PKK harus terjalin kerjasama kemitraan yang sangat baik dan menjadi dinamisator program. Kegiatan TP PKK Kabupaten Minahasa juga membina para kader, dasa wisma agar terus bersemangat.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Minahasa juga mengucapkan selamat kepada pengurus DEKRANASDA. Pada dasarnya DEKRANAS adalah lembaga Independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah. Tujuannya untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya Minahasa serta menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari yang bisa meningkatkan martabat masyarakat Minahasa.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Minahasa turut memberikan sambutan. Menurutnya, PKK memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga yang sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. ini menjadi tugas mulia TP PKK Kabupaten Minahasa untuk terus memotivasi, membimbing, dan membina Tim PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan agar berdayaguna dan berfungsi serta bersinergi dengan pemerintah untuk terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Bupati juga menyampaikan kepada Pengurus Dekranasda agar mampu menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses kerajinan sesuai dengan potensi budaya di Kabupaten Minahasa. Hal ini karena Dekranasda terbukti mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya dengan prestasi yang telah diraih dalam lomba pameran 3 kali berturut-turut. Prestasi ini membuktikan bahwa sinergritas antara pemerintah dan pengrajin dapat mengembangkan potensi yang dimiliki di Kabupaten Minahasa. (Advetorial-Kelly Korengkeng)