Tumurang Sebut Peran Penting Pemuda di Era Revolusi Industri 4.0

111

Tomohon, MP

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, peran pemuda khusunya generasi z (milenial) dianggap sangat vital. Hal itu dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Priscilla Tumurang, Senin (28/10).

“Jika para pemuda bisa menjadi pilar dalam membangun peradaban kedepan bukan tidak mungkin Indonesia emas (tahun 2045) itu akan kita raih, khususnya di bidang politik, teknologi maupun sains,” ujar Tumurang.

Menurutnya, di era digital saat ini, pemuda mempunyai tantangan yang semakin berat. Realitas ini harus mampu disadari dan dimanfaatkan oleh seluruh pemuda agar dapat bahu membahu menjadi penompang sang ibu pertiwi.

“Pemuda harus bisa berdialog, bersosialisasi, berpolitik dan beretika itu yang terpenting. Dan untuk pemuda Kota Tomohon di manapun berada marilah bekali tangan kirimu dengan sains, kepal tangan kananmu dengan teknologi dan ayunkan kedua kakimu dengan jaringan sosial. Itu lah salah satu kunci kita dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” kata anggota Fraksi Golkar DPRD Tomohon itu.

Menurutnya, memaknai momen sumpah pemuda ke-91, Senin (28/10) kemarin, harus dijadikan sebagai komitmen membangun bangsa seperti yang telah diikrarkan pada tahun 1928 lalu.

“Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang bertema ‘Bersatu Kita Maju’, merupakan sebuah semarak untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” terangnya.

“Karena bangsa ini berdiri bukan hanya didirikan oleh satu atau dua golongan tapi ada peran serta kaum pemuda yang konstribusi nya tidak dapat diganti dan dihilangkan,” pungkasnya. (Kharisma)