Uang Kuliah UNSRAT Kans Meningkat

423

Manado, MP

Harapan masyarakat untuk mendapat keringanan dalam pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun Ajaran (TA) 2019-2020 di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), terancam pupus. Hal itu setelah salah satu perguruan tinggi ternama di Bumi Nyiur Melambai ini memastikan jika tidak akan ada pengurangan terhadap UKT.

Hal ini turut dibenarkan Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Unsrat, Drs Max Rembang, M.Si, saat ditemui awak media, di Lobi Rektorat Unsrat, Senin (24/6).

Dikatakan Rembang, tidak akan ada pengurangan UKT di Unsrat melainkan tetap pada standar yang sudah ditentukan. Bahkan, menurutnya, UKT tahun ini berpeluang meningkat dari tahun kemarin.

“Uang kuliah tunggal tidak mungkin turun atau kurang, tetap pada standar yang ada, bahkan mungkin akan meningkat,” tuturnya.

Rembang juga menjelaskan, alasan peluang terjadinya kenaikan UKT di TA 2019-2020. “Karena kenaikan UKT juga menyesuaikan dengan tingkat inflasi,” jelas mantan Dekan Fisip Unsrat itu.

Ia menambahkan, UKT merupakan satu-satunya pungutan dari partisipasi masyarakat yang berhubungan dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“UKT ini artinya, satu-satunya pungutan dari partisipasi masyarakat. Karena itu berhubungan dengan PNBP,” kuncinya. (Roki Taliawo)