Unsrat Tidak Berlakukan Dispensasi

289

Mahasiswa Luar Daerah Terancam Banyak Golput

Mangunipost.com – Tidak diberlakukannya dispensasi bagi mahasiswa luar daerah yang menempuh studi di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) saat pelaksanaan Pemilu 2019. Membuka peluang banyak mahasiswa luar daerah yang akan Golput atau tidak memilih.

Saat ditemui awak media, Rabu (06/03), Rektor Unsrat, Ellen J Kumaat, telah membenarkan kalau Unsrat memang tidak memberikan dispensasi bagi mahasiswa luar daerah dalam pelaksanaan Pemilu nanti.

“Untuk mahasiswa yang dari luar daerah dan dari kepulauan, tidak ada dispensasi khusus untuk itu, tapi hari-Hnya pasti libur,” ungkap Rektor Unsrat.

Ellen juga menambahkan kalau Pemilu tidak dapat dijadikan alasan untuk menutupi kekurangan daftar hadir kuliah selama semester berjalan ini.

Namun, baginya keterlibatan mahasiswa luar daerah dalam pesta demokrasi April mendatang, semua tergantung pada mahasiswa itu sendiri.

“Mahasiswa harus pinter-pinter membagi waktu, misalnya ini kali dia tidak kuliah, dia meminjam catatan dari temannya kemudian dia hadir, pokoknya dalam masa kuliah 16 kali dia minimal 80 persen hadir,” pungkasnya.

Selebihnya, Ellen mengajak segenap civitas Unsrat untuk menggunakan hak pilihnya di penyelenggaraan Pemilu.

“Kalau hari itu hari libur, jadi seluruh Unsrat harus ke TPS masing-masing karena itu sudah hari libur nasional,” tuntasnya. (*)

Penulis : Eka Egeten

Editor : Jack Wullur