Wawali Manado Terpukau Live Painting Kandouw

469
Chaty Kandouw (ist)

Manado, MP

Nampaknya iklim kesenian di kota Manado Sulawesi Utara (Sulut) sedang kembali menghangat. Ini tak luput dari membludaknya event-event bergengsi yang di-tuan-nyonya-rumahi oleh Kota Tinutuan tersebut.

Ajang tahunan (annual event) Manado Fiesta turut memberi rangsangan lahirnya ide-ide kreatif di kalangan warga Bumi Nyiur Melambai.

Tak sedikit seniman yang terpantik ikut serta memberi warna berkesan demi memanjakan warga Manado dan sekitarnya serta turis lokal dan mancanegara.

Salah satu wujud dukungan penuh untuk memeriahkan Manado Fiesta 2018 nampak dari digelarnya Pameran Lukisan Anak Kreatif 2018 di Multimart Kawasan Megamas Manado pada Rabu (5/9) 2018.

Salah satu seniman yang cukup mencuat dalam ajang itu adalah Chaty Kandouw. Gadis cantik ini tercatat sebagai salah satu siswa di Manado Independent School (MIS). Kini dia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 8.

Para pengunjung lokasi pameran dibuat terpukau oleh penampilannya. Malahan, aksi live painting-nya (melukis langsung) disaksikan oleh Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan.

Pengunjung yang hadir berkontribusi merekam kejadian yang unik itu. Bapak Wakil Walikota Bastiaan terlihat kagum saat mengamati Chaty dari belakang. Senyum kagum nyata jelas. Pujian tak dapat ditahan.

Turut pula menyaksikan kepiawaian anak dari Fanda dan Robby Kandou itu diantaranya adalah beberapa seniman hebat Sulut seperti John Samuel, Maria Budiyatmi dan Jaya Masloman.

Terpantau oleh MP, karya buah tangannya menampilkan wajah seorang Waraney (pelindung negeri Minahasa) dengan tatapan tegas. Di sampingnya terdapat burung elang. Chaty memberi judul pada kanvas lukisannya ‘Kuat Seperti Elang’.

Chaty berharap karyanya bisa memotivasi seluruh anak-anak Sulawesi Utara.

“Smoga karya saya bisa menjadi motivasi bagi anak-anak Sulut,” ujar Chaty yang banyak mendapat bimbingan ArtClass MIS ini. (Iswan Sual)