Workshop Pembina Remaja se-PGI di Tomohon Bergulir

239
Tampak para Pembina Remaja se-PGI kala membawakan pujian dalam ibadah pembukaan. (ist)

Tomohon, MP
Workshop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) yang dihelat di Kota Tomohon mulai bergulir, Minggu (03/02). Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Gereja GMIM Nasareth Matani yang dirangkaikan dengan ibadah minggu. Selaku Ketua Panitia, Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak menyambut para peserta yang merupakan Ketua-ketua Remaja se-PGI.

Dikatakan Eman, salah satu perhatian PGI, yaitu mempersiapkan generasi muda yang mampu mendedikasikan diri dan memberi dampak dalam pelayanan bagi gereja, masyarakat dan bangsa. Itu selaras dengan amanat Sidang Raya Majelis Pekerja Lengkap PGI.

Disadarinya, mempersiapkan orang muda Kristen yang berintegritas, berkarakter Kristus bukanlah hal mudah. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras seluruh elemen gereja. Menurut Eman, modul tersebut bisa menjadi panduan bagi para pembina remaja dalam mempersiapkan anak muda yang berkualitas dan berwawasan oikumenis kuat.

“Besar harapan kami, kegiatan ini akan bermanfaat untuk kepelayanan generasi muda gereja. Bagj semua pesert, marilah memberi diri mengambil bagian di seluruh rangkaian kegiatan. Semuannya ini hanya dipersembahkan untuk hormat dan kemuliaan Tuhan,” ujar Eman yang juga Walikota Tomohon.

Adapun, kegiatan ini memiliki sejumlah tujuan. Pertama, penjaringan isu dan kebutuhan pembinaan remaja dari sinode-sinode gereja anggota PGi. Kedua, pembuatan modul pelatihan dan panduan pembinaan bagi remaja. Ketiga, pembentukan forum komunikasi pembina remaja sinode-sinode gereja anggota PGI. Keempat, menyusun rencana kerja sama lintas sinode terkait pembinaan remaja.

Sementara, hasil yang diharapkan, pertama modul pelatihan pembinaan kader oikumene bagi remaja gereja, kedua, panduan bagi pembina remaja dalam melakukan pelatihan peningkatan kapasitas remaja. Ketiga, terbentuknya wadah komunikasi di kalangan pembina remaja sinode dalam mendukung kerja PGI.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan ini berlangsung tanggal 2-5 Februari 2019 di Gereja GMIM Nazaret Matani Tomohon. Selanjutnya, tanggal 6 Februari dilalukan giat city tour, yakni mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kota Tomohon.

Selaku Khadim dalam ibadah pembukaan, Ketua BPMS GMIM, Pdt Dr Hein Arina. Dihadiri Ketua Biro Pemuda Remaja PGI l, Abdiel Fortunatus Tanias SST, Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM, Pnt Dr Michaela Paruntu MARS, Ketua Forum Pembina Remaja PGI, Pnt Ir Moudy Rondonuwu MT. (*)

Penulis/editor: Tim MP